teknologi password masa depan

Teknologi Masa Depan Yang Akan Menggantikan Password

Password atau kata kunci adalah sandi yang umum digunakan saat ini untuk memastikan data pengguna tidak bocor atau diretas orang lain. Berbagai kombinasi password yang semakin rumit bahkan dikatakan lebih menjamin keamanan data dan akun seseorang, namun disisi lain kerumitan password akan sulit untuk diingat dengan mudah oleh pengguna.
Menyadari pentingnya sebuah password dan sandi, banyak perusahaan teknologi yang mencoba menggantikan penggunaan password, misalnya penggunaan sidik jari. Namun, teknologi yang menggantikan password tak hanya sidik jari. Berikut ini beberapa teknologi yang akan menggantikan password.

1. Detak Jantung

Teknologi ini memanfaatkan detak jantung manusia, dimana setiap detak jantung manusia berbeda satu sama lain, sama halnya dengan sidik jari. Teknologi ini dimanfaatkan dan diimplementasikan pada gadget Nymi Band yang dapat melakukan autentifikasi dengan detak jantung. User hanya perlu duduk di dekat komputer dan menggunakan Nymi Band, lalu komputer akan terbuka tanpa mengetikkan password.

2. Pemindaian Iris Mata

Iris mata setiap orang memiliki warna yang berbeda, dan hal ini dimanfaatkan untuk teknologi autentifikasi pada samsung galay note 7.

3. Suara

Teknologi autentifikasi dengan suara telah diimplementasikan oleh Bank HSBC yang memungkinkan nasabah dapat login pada akun mereka masing-masing menggunakan pengenalan suara.

4. Bibir

Tim Ilmuan Hong Kong telah menciptakan teknologi pemindai atau pembaca bibir dalam mengucapkan kata tertentu, teknologi ini dikatakan ampuh karena meskipun password diketahui orang lain, namun teknologi dapat mengenali dan memindai bibir dari pengguna asli yang memiliki password.

Sumber : http://tekno.liputan6.com/read/2900801/5-teknologi-ini-bakal-gantikan-password