vlog vs blog

BLOG VS VLOG : Apa Perbedaannya?

Blog dan Vlog adalah strategi yang sangat efektif untuk melakukan branding dan menghasilkan sejumlah uang. Baik itu pemilik blog amatir, guru kecantikan di YouTube, atau profesional yang berpengalaman di bidang pemasaran media sosial – semua orang mencoba media blog dan vlog untuk mempromosikan bisnis mereka, atau mempromosikan diri melalui dua media tersebut.

Setiap merek atau individu ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung ke blog mereka. Pada dasarnya ada dua strategi lalu lintas generasi blogging dan vlogging untuk menghasilkan sejumlah besar lalu lintas dan mendapatkan pelanggan potensial. Blogging adalah semua tentang menulis artikel dan vlogging adalah tentang menciptakan video. Tapi pertanyaannya adalah apa yang harus dipilih? Blogging atau Vlogging?

BLOG

Blog atau Blogging adalah kegiatan seorang yang menulis dengan tujuan berbagi pikiran, pengalaman atau apapun yang dia inginkan untuk berbagi dengan pembaca mengenai topik tertentu.

vlog vs blog

Keuntungan dari Bloggingadalah:

1. Mudah dalam pengaturan: Ini sangat mudah untuk membuat blog. Anda tidak perlu pengetahuan teknis diperpanjang untuk membuat blog. Ada beberapa platform seperti WordPress, blogger, Tumblr e.t.c membuat hidup kita lebih sederhana untuk membuat sebuah blog.

2. Tidak memerlukan peralatan besar: Untuk membuat blog, Anda tidak perlu memiliki banyak peralatan. Yang perlu Anda miliki adalah Sebuah komputer, laptop, atau smarthphone yang telah terkoneksi dengan internet yang baik.

3. Dapatkan lalu lintas besar ke situs Anda, dengan menggunakan SEO dan promosi yang tepat dari konten Anda di situs blog, anda dapat memperoleh sejumlah uang dari iklan atau pemasaran suatu brand yang anda tulis dan review pada blog anda.

Kekurangan dari Blogging adalah :

1. Perlu tahu tentang SEO: SEO adalah semua tentang peringkat sebuah situs di mesin pencari. Untuk menghasilkan lalu lintas ke blog Anda, Anda harus memiliki pengetahuan yang baik tentang SEO dan menerapkannya pada situs anda. Hal yang perlu anda perhatikan adalah Judul konten, kata kunci, dan gambar yang anda gunakan pada setiap konten anda di blog.

2. Memperbarui blog Anda secara teratur: Hal lain yang harus perhatikan di sini adalah, Anda perlu memperbarui blog Anda secara teratur. Mengkonversi pengunjung Anda untuk pembaca blog biasa dengan menyediakan barang-barang berkualitas yang mereka cari melalui artikel Anda.

VLOG

Vlogging memiliki arti video blogging di mana vlogging adalah kegiatan berbagi pikiran atau apapun yang ingin dibagi dengan orang lain namun dalam bentuk video.

vlog vs blog

Keuntungan dari Vlogging adalah:

1. Tidak memerlukan keterampilan menulis profesional: Tidak seperti blog, Anda tidak perlu keterampilan menulis profesional untuk membuat vlog. Jika Anda dapat membuat video berkualitas, Anda akan mendapatkan kunjungan besar dengan usaha SEO minimal dan mendapatkan uang dari video Anda.

2. Anda bisa mendapatkan lebih banyak keterlibatan pengguna: Umumnya banyak orang yang lebih suka menonton video atau dihadapkan pada hal visual dibandingkan melihat sebuah tulisan yang panjang. Sehingga dengan menciptakan video yang baik anda dapat meningkatkan keterlibatan pengguna pada konten anda.

Kekurangan dari Vlogging adalah:

1. Perlu peralatan mahal: Untuk membuat vlog, Anda perlu untuk menghabiskan jumlah uang untuk peralatan. Anda harus memiliki kamera untuk merekam video berkualitas tinggi dan video software editor profesional seperti adobe after effect.

2. Sulit untuk mengedit setelah posting: Kita dapat dengan mudah mengedit posting blog setelah penerbitan tetapi pada vlog, pekerjaan edit setelah post tidaklah mudah. Jika Anda menemukan kesalahan dalam video yang diupload, Anda perlu menghapus dan mengedit yang asli dan lagi meng-upload video di saluran Anda. Kadang-kadang editing sulit, sehingga Anda mungkin harus merekam ulang video.

3. Dibutuhkan waktu untuk vlog: Butuh waktu untuk merekam video, mengedit video dan meng-upload video. Anda membutuhkan 2-4 jam untuk video. Jadi Anda harus menghabiskan beberapa jumlah waktu untuk membuat vlog dan menjadi vlogger yang baik.

Jika Anda memiliki kemampuan menulis yang baik anda dapat memilih blog dalam menuangkan ide dan pengetahuan anda, namun jika anda memiliki  keterampilan berbicara yang baik anda dapat memilih media vlog. Bagaimana jika memilih keduanya? Anda juga dapat membuat vlog bersama dengan sebuah blog. Vlog dapat anda tanamkan atau lampirkan pada artikel yang anda buat di blog.

Pada prinsipnya segala pemasaran dan branding di dunia internet tentu membutuhkan kemampuan SEO, jika anda membutuhkan jasa SEO pada perusahaan atau branding anda, silahkan kontak Studio Kami  (marketing@studiokami.com)