komunitaskami

Alasan Mengapa Orang Meninggalkan Website Anda

Anda telah menulis beberapa konten yang menarik untuk website anda, mendesain gambar dengan menarik dan terlihat profesional. Namun mengapa jumlah visitor website anda tidak ada peningkatan bahkan berkurang?

Jika anda kesulitan mempertahankan visitor pada website anda, mungkin beberapa pertimbangan berikut yang menjadi penyebab pengunjung meninggalkan website anda.

Desain Website yang “Usang”

Pada pembahasan strategi SEO masa depan sudah dijelaskan bahwa desain user interface menjadi salah satu point penting pada sebuah website, bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh psikolog Dr. Elizabeth Sillence menemukan bahwa 94% responden sangat memperhatikan desain website jika mengunjungi website. Jadi ini saatnya untuk anda peduli terhadap desain website yang profesional dan user friendly.

Konten Anda Sulit Dibaca

Mempertimbangkan desain tidak hanya sebatas warna, gambar, atau grafis. Namun font dan ukuran teks serta latar belakang menjadi penentu mudah atau tidaknya orang dalam membaca konten yang ada pada website anda. Pada catatan terkait, mempertimbangkan desain yang tidak hanya tentang warna, gambar dan grafis.

Website Anda Penuh Iklan

Website dapat memiliki iklan namun bukan berarti kumpulan iklan-iklan ada di seluruh halaman. Kunci dari sebuah iklan adalah kepercayaan, jadi batasi jumlah iklan pada website anda serta alokasikan dengan benar pada tampilan, karena iklan pada website tidak harus menjadi hal pertama yang dilihat pengunjung.

Video Pada Website Anda “Auto-Play”

Banyak orang mengatakan lebih cepat menekan tombol Back atau bahkan menutup halaman website, jika menemukan website yang memiliki video yang diputar secara otomatis. Hal ini dikarenakan saat ini pelanggan digital cenderung lebih menentukan kapan mereka harus melihat konten online. Tentu pemutaran video tanpa persetujuan mereka akan berpotensi mendorong pelanggan untuk meninggalkan website anda.

Website tidak Responsive

Pembaruan algoritma Google untuk perangkat mobile menunjukkan penurunan signifikan jika website anda tidak responsif. Transisi menuju desain responsif tentu tidak mudah, namun jika hal ini dapat meningkatkan visitor dan penjualan pada website anda, mengapa tidak?

Selain beberapa alasan diatas, ada juga penyebab pengunjung meninggalkan website anda yaitu website yang lambat diakses serta informasi yang terkandung pada website tidak jelas.