Teknologi IoT Bisa Bantu Polisi Pecahkan Kasus

Sumber gambar : rikiyudha.web.ugm.ac.id

Sumber gambar : rikiyudha.web.ugm.ac.id

Menurut perkiraan para ahli, mesin cuci dan kulkas yang terhubung dengan internet kemungkinan akan digunakan oleh detektif untuk mencari barang bukti di TKP. IoT atau Internet of Things dapat menghubungkan berbagai perangkat ke internet, peran IoT di masa depan bahkan dapat membantu polisi dalam mendapatkan barang bukti penting dalam penyelidikannya.

Misalnya, bel rumah yang terhubung langsung ke aplikai pada ponsel pengguna dapat menunjukkan siapa saja yang memiliki akses ke dalam rumah sementara pemilik rumah bepergian.

Bahkan tidak hanya untuk penyelidikan, dalam kehidupan sehari-haripun teknologi IoT sangat membantu aktivitas manusia sehari-hari. Misalnya, saat ini sudah ada beberapa perangkat seperti Kulkas yang dapat menunjukkan video live kepada pengguna mengenai isi kulkas sehingga pengguna mengetahui apa saja yang perlu di beli saat berbelanja.

Namun, teknologi IoT tidak selalau membantu polisi,hal ini dikarenakan perusahaan pembuat perangkat IoT khawatir privasi penggunanya terganggu. Contohnya, pada kasus pembunuhan yang menempatkan James Andrew Bates sebagai tersangka di Amerika Serikat, Amaxon menolak memberikan hasil rekaman dari speaker Echo milik tersangkat pembunuhan tersebut karena alasan privasi.

Sumber : metrotvnews.com