Inilah Startup Indonesia Yang Sukses Berkembang

Inilah Startup Indonesia Yang Sukses

Indonesia banyak melahirkan startup di bidang teknologi yang karyanya banyak membantu memecahkan permasalahan sosial, kesehatan, hingga ekonomi.  Beberapa startup teknologi yang sukses dikembangkan oleh anak bangsa adalah sebagai berikut:

YesBoss

YesBoss merupakan startup yang didikan tahun 2015, startup ini memanfaatkan kecanggihan AI dan teknologi e-commerce. Teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan sudah banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang yang tentunya membantu pekerjaan manusia agar lebih efisien. Konsep YesBoss adalah sebagai asisten pribadi berbentuk virtual serta berbasis SMS.

yess bos

Saat ini banyak orang yang telah beralih menggunakan sosial media untuk berkomunikasi dan mulai jarang menggunakan fitur SMS, hal ini justru dianfaatkan oleh YesBoss untuk peluang usaha. Berbagai layanan untuk keseharian seperti reservasi tiket apapun, berbelanja hingga melakukan pemesanan makanan dapat digunakan menggunakan fitur SMS yang telah terintegrasi dengan sistem AI pada YesBoss.

Kata.ai

YesBoss kini memiliki layanan bernama Kata.ai, layanan ini dapat menghubungkan sebuah perusahaan dengan konsumennya dengan memanfaatkan teknologi AI.

eFishery

eFishery adalah alat yang dapat memberikan pakan segala jenis ikan serta udang secara otomatis. Kendala yang sering dialami banyak peternak ikan adalah mengatur jadwal pemberian pakan serta masalah pemberian pakan yang berlebihan.

eFishery

Alat ini mampu mengatur, menjadwalkan serta memberikan pencatatan yang realtime serta dapat diakses dimanapun dan kapanpun sehingga teknologi eFishery ini sangat membantu permasalahan yang sering dihadapi oleh peternak ikan. Inovasi eFishery ini mendapatkan penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri, sehingga kita patut berbangga serta mencotoh kesuksesan eFishery ini.

Fabelio

Fabelio didikan pada awal tahun 2015, start up yang bergerak dibidang ecommerce ini fokus menjualkan berbagai furniture, namun tak hanya itu, kini ecommerce ini menyediakan jasa desain interior dengan berbagai produk yang dapat di buat sesuai keinginan pelanggan.

fabelio

Fabelio memiliki beberapa pemasok untuk keperluan pembuatan furniture. Inovasi yang terus dilakukan Fabelio adalah riset mengenai perkembangan model dan jenis furniture yang ada kedepannya sehingga konsumen tidak akan mudah bosan.

KUDO

KUDO (Kios Untuk Dagang Online) berdiri tahun 2014, startup ini dapat dikatakan tidak bergerak di bidang e-commerce atau berjualan barang-barang. KUDO memiliki konsep sebagai startup teknologi yang menjembatani masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses atau enggan untuk bertransaksi online. Seperti yang diketahui, meskipun perkembangan e-commerce didukung oleh masyarakat yang memanfaatkan fiturnya, namun sebagian masyarakat masih merasa belum nyaman untuk berbelanja online dikarenakan berbagai alasan, mulai dari rasa tidak aman hingga takut barang tidak sesuai pesanan. Masalah tersebut dimanfaatkan oleh KUDO untuk memberikan layanan kepada masyarakat.

kudo

KUDO memiliki Agen KUDO yang memanfaatkan smartphone dan berbagai e-commerce besar kemudian menjadi penghubung antara konsumen yang tidak ingin bertransaksi secara online dengan e-commerce yang ada. Agen KUDO dapat diperankan oleh siapa saja yang telah mendaftar sebagai Agen KUDO, sehingga masyarakat yang melakukan pembelanjaan akan merasa aman menyerahkan uang kepada orang yang Ia kenal.