Apa itu API dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu API dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Application Program Interface (API) adalah kode yang memungkinkan dua program perangkat lunak berkomunikasi satu sama lain. API diimplementasikan oleh pemanggilan fungsi yang terdiri dari kata kerja dan kata benda. Sintaks yang diperlukan dijelaskan dalam dokumentasi aplikasi yang dipanggil.

Cara kerja API
API terdiri dari dua elemen terkait. Yang pertama adalah spesifikasi yang menggambarkan bagaimana informasi dipertukarkan antar program, dilakukan dalam bentuk permintaan untuk pengolahan dan pengembalian data yang diperlukan. Yang kedua adalah antarmuka perangkat lunak yang ditulis dengan spesifikasi dan diterbitkan dengan cara tertentu untuk digunakan. Perangkat lunak yang ingin mengakses fitur dan kemampuan API perlu disebutkan dan perangkat lunak yang menciptakan API perlu dipublikasikan.

Mengapa API penting untuk bisnis?
Website atau perangkat lunak yang dirancang untuk pertukaran informasi melalui internet dan komputasi awan semuanya dikombinasikan untuk meningkatkan API dan layanan. Perangkat lunak yang dulunya dikembangkan khusus untuk tujuan tertentu, saat ini banyak dilengkapi dengan API serhingga memberikan fitur yang berguna secara luas, mengurangi waktu dan biaya pengembangan. API telah meningkatkan kualitas perangkat lunak beberapa tahun belakangan, dan mendorong terciptanya aplikasi dan cloud, bahkan Internet of Things(IoT) untuk mendukung perangkat seluler.

Keuntungan penggunaan API

Dalam istilah yang paling sederhana, API adalah kumpulan persyaratan yang mengatur bagaimana satu aplikasi dapat berbicara dengan yang lain. API melakukan semua ini dengan “memperlihatkan” beberapa fungsi internal program ke dunia luar secara terbatas. Itu memungkinkan aplikasi untuk berbagi data dan mengambil tindakan atas nama satu sama lain tanpa mengharuskan pengembang untuk membagikan semua kode perangkat lunak mereka. API menyederhanakan banyak hal, API dengan jelas menentukan dengan tepat bagaimana sebuah program akan berinteraksi dengan perangkat lunak lain yang menghemat waktu, sumber daya dan risiko lainnya.