email marketing

6 Tips Efektif untuk Email Marketing

Pernahkah Anda mengirim email ke klien namun tidak mendapatkan tanggapan? Atau apakah anda merasa email campaign tidak berjalan efektif?

Selama Anda tidak melakukan spamming email terhadap pelanggan Anda, email marketing umumnya bisa menjadi alat yang sangat bagus untuk menyampaikan pesan secara langsung kepada klien dan prospek Anda. Email marketing juga bisa menjadi saluran yang memperkuat hubungan Anda dengan klien Anda

Untuk membuat email marketing lebih efektif, anda perlu menerapkan 6 Tips Efektif untuk Email Marketing

  1. Buat List Subscriber

Anda mungkin sudah memiliki daftar email klien anda. Namun, pastikan anda sudah membuat fitur yang memudahkan pelanggan anda untuk berlangganan terhadap situs web Anda. Letakkan formulir berlangganan (subscriber) di halaman blog Anda dan di artikel blog Anda karena orang yang sudah membaca blog Anda mungkin ingin mulai menerima lebih banyak konten dari website Anda.

2. Buat kesan email personal

Sebagian besar alat email saat ini memungkinkan Anda untuk memasukkan kode pendek yang akan diganti dengan nama penerima saat email dikirim, sehingga terkesan menciptakan kesan email personal dan bukan ‘iklan’.

Gambar : zettasphere.com

3. Pastikan Email Anda Tidak Masuk ke SPAM

Pastikan email yang anda kirim tidak masuk ke spam, hal ini penting karena jika masuk ke spam, tentu klien tidak akan menyadari email dari anda dan email marketing menjadi tidak efektif. Beberapa hal penting yang harus dihindari adalah menggunakan semua huruf besar pada email, terlalu banyak tanda seru, ungkapan hiperbolik seperti “Bertindaklah sekarang sebelum waktu habis !!!!”, atau gunakan HTML berformat buruk di templat email Anda.

4. Pastikan link “bersih”

Jika seseorang sudah membuka email anda dan tertarik dengan isinya, maka anda perlu memperhatikan konten dan link yang ada pada email yang anda kirimkan. Tips yang bagus dalam email marketing adalah dengan menggunakan paragraf pendek dan memastikan bahwa kata kunci relevan dengan pembaca Anda terlihat lebih menonjol. Perhatikan juga gambar yang anda cantumkan tidak berukuran terlalu besar karena beberapa penyedia layanan email memblokir gambar dengan pengaturan default mereka.

5. Pastikan Konten Email “Mobile Friendly”

Sebagian besar orang kini memanfaatkan smartphone untuk beraktivitas dan membuka pemberitahuan alih-alih menghidupkan laptop atau personal computer mereka. Faktanya, 66% email terbuka pada smartphone atau tablet. Jika email Anda tidak dioptimalkan untuk dilihat di perangkat ini (tidak mobile friendly), email marketing anda akan menjadi tidak efektif.

6. Lakukan test

Jangan mengirim email tanpa melakukan test, lakukan pengujian dengan melibatkan semua penyedia jasa email seperti: Outlook.com, Gmail, Yahoo, dan sebagainya.

Sumber :

www.prontomarketing.com/2015/01/14-tips-for-effective-email-marketing/