mobile app dan mobile web

Perbedaan antara ‘Mobile App’ dan ‘Mobile Website’

Meski keduanya digunakan pada media yang sama (smartphone dan tablet), Mobile App dan Mobile Website (juga disebut Web Apps) sangat berbeda. Mobile App adalah program yang diunduh dan diinstal ke perangkat seluler pengguna, sedangkan Mobile Website hanyalah situs web yang disesuaikan dengan format tablet dan ponsel cerdas. Perbedaan antara ‘Mobile App’ dan ‘Mobile Website’ yaitu:

Cara akses yang berbeda
Mobile Website diakses melalui browser internet, dengan mengetikkan URL situs web di panel navigasi. Ini berarti tidak ada download yang diperlukan. Namun koneksi internet diperlukan untuk mendapatkan akses. Mobile App harus diunduh baik dari toko online seperti app store atau google play. Aplikasi ini kemudian disimpan di smartphone atau tablet, dan dalam kebanyakan kasus tidak memerlukan koneksi internet agar bisa bekerja.

Tujuan yang berbeda
Mobile App tetap berada di ponsel cerdas pengguna, dan karena itu sangat ideal untuk penggunaan berulang kali. Namun, Mobile Website dirancang untuk komunikasi bergerak dengan tujuan memberi informasi atau untuk acara dan promosi tertentu

Setup update yang berbeda
Pembaruan Mobile Website berlangsung tanpa pengguna menyadarinya, hal ini adalah proses online otomatis. Namun, untuk Mobile App, pengguna diharuskan mengunduh dan memberi otorisasi setiap pembaruan.

Sumber : www.unitag.io/mobile-websites/what-is-the-difference-between-a-mobile-application-and-a-mobile-webpage