mengenal e-payment

Mengenal Online Payment System atau e-Payment

Sistem E-payment adalah cara melakukan transaksi atau membayar barang dan jasa melalui media elektronik tanpa menggunakan cek atau uang tunai. Ini juga disebut sistem pembayaran elektronik atau sistem pembayaran online. Perkembangan e-commerce saat ini memungkinkan pengguna yang berbelanja online untuk membayar tanpa harus bertatap muka dengan penjual. Saat ini pembayaran untuk belanja online dapat dilakukan melalui transfer bank serta pembayaran melalui internet atau dikenal dengan sebutan e-Payment.  Sistem pembayaran elektronik telah berkembang semakin pesat karena saat ini banyak perbankan yang mendukung transaksi berbasis internet. Bahkan saat ini sistem pembayaran elektronik terus meningkatkan dan memberikan transaksi yang aman serta mengurangi persentase penggunaan cek dan transaksi tunai.

Metode E-Payment dapat diklasifikasikan menjadi dua, antara lain:
1. Cash Payment System
Electronic Funds Transfer (EFT) adalah sistem elektronik yang digunakan untuk mentransfer uang dari satu rekening bank ke bank lain tanpa pertukaran uang tunai secara langsung.

EFT terdiri dari banyak konsep-konsep lain dari sistem pembayaran termasuk:
Direct Debit merupakan transaksi keuangan di mana pemegang rekening menginstruksikan bank untuk mengumpulkan sejumlah uang tertentu dari rekening elektronik untuk pembayaran barang atau jasa.
E-Check yaitu versi digital dari pemeriksaan kertas tua. E-Check adalah transfer elektronik uang dari rekening bank, biasanya memeriksa akun tanpa menggunakan cek kertas.
Penagihan Elektronik adalah bentuk lain dari transfer dana elektronik yang digunakan oleh perusahaan atau bisnis untuk mengumpulkan pembayaran dari pelanggan atas metode elektronik.
Electronic cash (e-Cash) adalah bentuk sistem pembayaran elektronik yang sejumlah uang tertentu disimpan pada perangkat klien dan dapat diakses untuk transaksi internet. electronic cash juga disebut tunai digital dan menggunakan perangkat lunak e-cash diinstal pada pengguna PC atau perangkat elektronik.
Stored value card adalah bentuk lain dari EFT yang digunakan oleh toko. Stored value card adalah berbagai kartu yang memiliki sejumlah nilai uang yang disimpan dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi di toko yang menerbitkan kartu tersebut. Sebagai contoh dari Stored value card adalah gift cards.

2. Credit Payment System

Kartu Kredit adalah bentuk lain dari sistem e-payment yang yang dikeluarkan oleh sebuah lembaga keuangan untuk pemegang kartu sehingga dapat melakukan pembayaran online atau melalui perangkat elektronik tanpa menggunakan uang tunai.
E-Wallet adalah bentuk akun prabayar dimana data keuangan yang disimpan pengguna seperti informasi debit dan kartu kredit untuk melakukan transaksi online lebih mudah.
Smart Card menggunakan kartu plastik yang didalamnya tertanam mikroprosesor yang dapat memuat dana untuk melakukan transaksi dan pembayaran secara instan.

Manfaat Sistem E-Payment
Situs e-Commerce menggunakan sistem e-payment untuk membuatnya kemudahan dan kenyamanan untuk melakukan pembayaran. Manfaat adanya sistem e-payment adalah:
– Transaksi lebih efektif dan efisien, hal ini dikarenakan e-payment memungkinkan transaksi terjadi dalam hitungan menit bahkan satu klik tanpa membuang-buang waktu pelanggan.
–  E-Payment juga dapat menurunkan biaya transaksi secara keseluruhan.
– Payment gateways dan penyedia pembayaran banyak yang menawarkan fitur keamanan dan anti-fraud yang efektif sehingga transaksi dapat dilakukan dengan handal.

Jika anda memiliki toko online, sistem e-payment adalah keharusan bagi anda, karena sistem ini sederhana, cepat, dan nyaman bagi pembeli online untuk melakukan transaksi. Namun, anda perlu mencari tahu metode payment apa yang customer anda sukai, karena tersedia beberapa alternatif metode pembayaran saat ini.

Software House di Bali yaitu Studio Kami menyediakan jasa pembuatan dan implementasi online payment system. Tak hanya online payment system, Studio Kami juga menyediakan jasa pembuatan Employee Management System, Warehouse Management System, Online Document System, Flight Information System, Work Order System, Booking Engine System, serta telah menjadi Google Enterprise Partner. Jika anda ingin berkonsultasi dan membuat aplikasi atau sistem online payment, anda dapat menghubungi marketing@studiokami.com