Iklan online vs offline

Iklan Online vs Iklan Cetak

Menentukan cara efektif untuk mengiklankan produk atau jasa adalah salah satu tantangan yang cukup sulit dihadapi pengusaha. Masing-masing iklan, baik iklan online maupun iklan cetak (offline) memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun, ada perusahaan yang memadukan kedua bentuk iklan tersebut untuk strategi promosinya. Ketahui lebih lanjut perbedaan Iklan Online dan Iklan Cetak berikut ini:

Cakupan
Salah satu perbedaan terbesar antara iklan online dan iklan cetak adalah lingkup iklan. Sebuah iklan pada situs web berpotensi dapat menjangkau pelanggan di mana saja di dunia. Sedangkan sirkulasi iklan offline misalnya pada surat kabar dan majalah tentu memberi batasan jumlah konsumen yang dapat dicapai. Ini berarti iklan online berpotensi dapat menjangkau lebih banyak pelanggan di lebih banyak tempat dan memungkinkan perusahaan kecil untuk melakukan bisnis jauh di luar daerah mereka.

Mencapai Konsumen Tertentu
Banyak usaha kecil dengan segmen pelanggan tertentu di daerah tertentu. Iklan cetak berguna untuk menargetkan iklan ke daerah lokal. Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang beroperasi di sebuah kota kecil bisa beriklan di koran lokal atau publikasi lokal lainnya untuk menjangkau pelanggan yang benar-benar di sekitarnya. Website seperti jaringan sosial melacak lokasi pengguna dan informasi pribadi lainnya, yang dapat memungkinkan perusahaan untuk membuat iklan online yang ditargetkan.

Menghubungkan dengan Pelanggan
Iklan harus terhubung dengan pelanggan dan meyakinkan mereka untuk melakukan action atau pembelian. Namun, pengguna internet sering menghabiskan beberapa detik atau bahkan kurang pada suatu situs web sehingga sulit bagi iklan untuk mendapatkan perhatian pelanggan. Selain itu, terkadang pengguna website menggunakan perangkat tertentu untuk melakukan blok terhadap suatu iklan sehingga mencegah iklan muncul di suatu website. Sedangkan jika iklan pada koran dan majalah, pembaca dapat menghabiskan beberapa menit membaca setiap halaman dari koran atau majalah, sehingga memberikan banyak waktu iklan untuk terhubung dengan pelanggan dan mempengaruhi keputusan pelanggan tersebut.

Biaya
Pengiklan online memungkinkan perusahaan untuk menetapkan batas pengeluaran untuk iklan, yang memungkinkan usaha kecil menghabiskan anggaran yang tepat dan sesuai. Sedangkan iklan cetak bisa membutuhkan budget yang mahal. Namun, iklan cetak biasanya dapat mencapai ratusan pelanggan, sementara pengiklan online mengeluarkan budget setiap klien meng-klik iklan.

Meskipun Iklan Online dan Iklan Cetak memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, namun keduanya sama-sama memberikan efektifitas dan alternatif iklan bagi banyak usaha.

Source : smallbusiness.chron.com