google owl

Cegah Berita Hoax Dengan Google Owl

Untuk melawan berita hoax, baru-baru ini Google dengan projectnya “Google Owl” memberi konsumen atau pengguna google sebuah fitur yang dapat digunakan untuk melaporkan apa yang mereka anggap bermasalah dalam hasil pencarian. Perusahaan juga menggunakan tim manusia sebagai bagian dari upaya untuk mendapatkan algoritme untuk menunjukkan informasi yang lebih andal.

Raksasa pencarian, Google, telah mendapat kecaman untuk hasil pencarian yang menunjukkan informasi palsu. Misalnya, Google secara mencolok menampilkan tautan ke situs pro-Nazi untuk menanggapi pertanyaan tentang Holocaust. Atau ketika orang mulai mengetik frase tentang wanita atau kelompok rasial, Google akan menyarankan pertanyaan seperti “Mengapa wanita begitu bodoh?”
Tak perlu dikatakan ini mendapat banyak perhatian media negatif. Meskipun Google tidak suka mengganggu algoritme-nya – yang seharusnya menemukan jawaban paling bermanfaat untuk topik tertentu – namun masalahnya menjadi cukup besar, Google memutuskan untuk bertindak.

Sekarang, untuk pertama kalinya, ada cara untuk memberi tahu Google jika Anda menemukan sesuatu yang salah atau tidak pantas. Seperti yang dapat Anda lihat di bawah, alat ini sekarang dilengkapi dengan sedikit garis yang mengatakan bahwa melaporkan prediksi yang tidak tepat:

Jika Anda mengklik “Report inapprociate predictions”, sebuah kotak muncul yang memungkinkan Anda memberi tahu Google bahwa hasil rekomendasi pencarian itu berisi hal yang tidak baik, kebencian atau kekerasan dan sebagainya.

Google dengan hasil pencariannya yang penting, serta perubahan algoritmanya, tentu akan berpengaruh terhadap hasil pencarian dan SEO dari sebuah website. Bahkan beberapa situs mengalami statisik menurun secara mendadak dan kehilangan visitor mereka.

Sumber : fortune.com/2017/04/25/google-search-update