warehouse management system

Apa itu Warehouse Management System?

Warehouse Management System (WMS) adalah aplikasi perangkat lunak yang mendukung operasional sehari-hari di sebuah gudang. Program WMS memungkinkan manajemen memantau tingkat persediaan, pelacakan dan lokasi. WMS juga berperan untuk menyediakan manajemen dengan informasi yang dibutuhkan untuk efisien mengontrol pergerakan bahan dalam gudang. sistem WMS dapat berupa aplikasi mandiri atau bagian dari sistem Enterprise Resource Planning (ERP).

wms 3

via dpdhl.com

Keuntungan Memiliki Warehouse Management System

Menurut Logistics Management 2013 Technology Usage Study, 50 persen dari operasi logistik saat ini menggunakan Warehouse Management Sys (WMS) dan 44% dari merbangkan beberapa jaminan karena dengan menggunakan WMS, penyelarasan antara tujuan bisnis anda dapat terutrai dengan jelas. Dengan adanya WMS, pergerakan akan dikontrol oleh perusahaan secara otomatis dan tidak manual, beberapa manfaat menggunakan WMS antara lain:

1. Managemen Persediaan
Sebuah WMS akan memungkinkan anda melacak, mengelola dan melihat ppersediaan secara realtime, sehingga memungkinkan untuk penghematan biaya dan pengendalian persediaan.

2. Space Savings
Melalui WMS, distributor diberikan visibilitas ke area penyimpanan dan lokasi di gudang berdasarkan aturan yang ditetapkan dan didirikan, sehingga hal ini akan memungkinkan Anda untuk lebih mengatur produk sementara juga menghasilkan ruang tambahan, dengan banyak ruang tentu sama dengan banyak persediaan.

3. Kepuasan Pelanggan
Banyak distributor sering ditantang dengan kemampuan untuk mengelola operasi terkait dengan persediaan dan lokasi, hal ini menyebabkan keterlambatan dalam pengiriman ke kedua pusat distribusi serta pelanggan. Tidak hanya melakukan WMS memungkinkan Anda untuk benar mengelola persediaan dan distribusi jadwal Anda, tetapi Anda juga dapat merespon dengan cepat permintaan khusus pelanggan dan mengelola kualitas pekerjaan yang dilakukan dan apa tugas-tugas yang berhubungan dengan perintah kerja.

Studio Kami dapat membantu anda untuk membuat serta mengimplementasikan Warehouse Management System, tentu saja sistem ini akan mengurangi penggunaan kertas (paperless) pada perusahaan anda sehingga dapat mengurangi biaya operasional serta dapat meningkatkan bisnis anda. Selain aplikasi, Studio Kami menjadi salah satu pelopor Bali Web Design yang menangani pembuatan website hingga penjualan domain dan hosting.